INSTRUMEN MONITORING SERTIFIKASI GURU BK (BIMBINGAN KOSELING)

Written By Pak Daryono S.S on Thursday, December 16, 2010 | 8:48 AM

8:48 AM | 0 komentar | Selengkapnya
Anda sedang membaca artikel tentang December 2010 dan anda bisa menemukan artikel December 2010 ini dengan url http://ptk-guru.blogspot.com/2010/12/instrumen-monitoring-sertifikasi-guru_16.html, silahkan anda sebar luaskannya atau copy paste jika artikel December 2010 ini bermanfaat bagi anda dan teman-teman, mohon sertakan link December 2010 sebagai sumbernya.
Posted by: Daryono sarjana sastra Daryono sarjana sastra, Updated at: 8:48 AM

INSTRUMEN MONITORING SERTIFIKASI GURU PROFESIONAL

8:43 AM | 0 komentar | Selengkapnya
Anda sedang membaca artikel tentang December 2010 dan anda bisa menemukan artikel December 2010 ini dengan url http://ptk-guru.blogspot.com/2010/12/instrumen-monitoring-sertifikasi-guru.html, silahkan anda sebar luaskannya atau copy paste jika artikel December 2010 ini bermanfaat bagi anda dan teman-teman, mohon sertakan link December 2010 sebagai sumbernya.
Posted by: Daryono sarjana sastra Daryono sarjana sastra, Updated at: 8:43 AM

PERMENDIKNAS NO 28 TAHUN 2010 TENTANG PENUGASAN KEPALA SEKOLAH

8:26 AM | 0 komentar | Selengkapnya
Anda sedang membaca artikel tentang December 2010 dan anda bisa menemukan artikel December 2010 ini dengan url http://ptk-guru.blogspot.com/2010/12/permendiknas-no-28-tahun-2010-tentang.html, silahkan anda sebar luaskannya atau copy paste jika artikel December 2010 ini bermanfaat bagi anda dan teman-teman, mohon sertakan link December 2010 sebagai sumbernya.
Posted by: Daryono sarjana sastra Daryono sarjana sastra, Updated at: 8:26 AM

PANDUAN OPERASIONAL (POS) UN 2010/2011

Written By Pak Daryono S.S on Wednesday, December 15, 2010 | 9:04 PM

UN Ulangan Tahun Depan "2011" Ditiadakan
Sambil menunggu  dikeluarkannya PANDUAN OPERASIONAL (POS) UN 2010/2011, ada baiknya kita baca berita yang ini ya..http://www.kemdiknas.go.id/
15 Desember 2010 | Laporan oleh Ali 


 
Jakarta --- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menggelar rapat kerja (Raker) dengan Komisi X DPR RI, dengan agenda "Formulasi dan Pelaksanaan UN 2011". "Semangat perbaikan UN 2010/2011 adalah untuk lebih menghargai proses belajar mengajar yang dilalui siswa," kata Menteri Pendidikan Nasional Mohamad Nuh dalam rapat.
Mendiknas menjelaskan, formula baru yang akan dilaksanakan adalah menggabungkan nilai UN dengan nilai sekolah (NS). Nilai sekolah adalah gabungan nilai ujian sekolah ditambah nilai rapor semester 1 - 4. Selain itu, nilai gabungan antara nilai sekolah dengan UN ditetapkan minimal 5,5. Nilai sekolah dan UN mempunyai bobot masing-masing yang akan ditentukan oleh pemerintah. Bobotnya akan ditentukan, namun bobot nilai sekolah akan lebih kecil dari bobot UN.


Dengan adanya formula baru ini, Mendiknas mengatakan bahwa UN ulangan akan ditiadakan tahun depan, karena syarat atau formula yang ada saat ini lebih longgar yakni maksimum dua mata pelajaran  dengan nilai 4, dan minimum 4 mata pelajaran dengan nilai minimum 4,25. Selanjutnya, nilai kelulusan siswa adalah kombinasi dari nilai gabungan dengan nilai ujian sekolah seluruh mata pelajaran.


Mendiknas menyampaikan juga manfaat hasil ujian nasional : salah satu penentu kelulusan peserta didik; pemetaan mutu program satuan pendidikan secara nasional; pintu masuk untuk pembinaan dan perbaikan mutu pendidikan, baik di tingkat satuan pendidikan maupun nasional; mendorong motivasi belajar siswa; dan mendorong penigkatan mutu proses belajar mengajar.



Adapun tujuan intervensi kebijakan perbaikan mutu pendidikan berdasar pemetaan hasil UN adalah meningkatkan nilai rata-rata, mempersempit standar deviasi, dan memperbaiki nilai terendah. Prinsip continuity (berkesinambungan), "Continuity" untuk masuk kejenjang pendidikan yang lebih tinggi, "Continuity" bagi siswa dari sosial ekonomi kurang mampu masuk ke Perguruan Tinggi (PT), "Continuity" bagi siswa dari  satu daerah masuk ke PT di wilayah lain (mengurangi disparitas antar wilayah dalam penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi nasional),"ujar Mendiknas menjelaskan.

Berikut hasil keputusan rapat kerja. Pertama, Komisi X DPR RI dan pemerintah menyepakati bahwa pelaksanaan UN 2011 tetap dapat dilaksanakan dengan catatan, standar kelulusan ditentukan dengan formula baru yang mengakomodasi nilai rapor dan ujian sekolah, meningkatkan rasa adil bagi peserta didik, dan lebih meningkatkan mutu kelulusan pendidikan, kedua dalam kaitan dengan formula baru menentukan kelulusan peserta didik. Kedua, Komisi X DPR RI mengusulkan kepada pemerintah untuk dijadikan pertimbangan yang sungguh-sungguh. Ketiga, Komisi X DPR RI memberikan catatan untuk penyempurnaan pelaksanaan Ujian Nasional.
Data Pokok Pendidikan (Dapodik): pelaksanaan Dapodik perlu memperhatikan catatan hasil Panja UN dan Dapodik pada tanggal 15 Juni 2010 antara lain  pelaksanaan pendataan tidak hanya 5 (lima) variabel yang diusulkan  Balitbang, namun termasuk pendataan standar mutu pendidikan nasional. Pendataan harus dapat diselesaikan pada tahun 2011. Komisi X DPR RI meminta pemerintah untuk segera melakukan konsolidasi terhadap BSNP agar benar-benar menjadi lembaga yang mendiri sesuai Pasal 75 Ayat (2) PP No.19/ 2005 serta penjelasannya. (ali)


9:04 PM | 0 komentar | Selengkapnya
Anda sedang membaca artikel tentang December 2010 dan anda bisa menemukan artikel December 2010 ini dengan url http://ptk-guru.blogspot.com/2010/12/panduan-operasional-pos-un-20102011.html, silahkan anda sebar luaskannya atau copy paste jika artikel December 2010 ini bermanfaat bagi anda dan teman-teman, mohon sertakan link December 2010 sebagai sumbernya.
Posted by: Daryono sarjana sastra Daryono sarjana sastra, Updated at: 9:04 PM