Mengukur Mutu RSBI

Written By Unknown on Sunday, March 11, 2012 | 8:52 AM


Indikator Mutu Sekolah Bertaraf Internasional
Berdasarkan Permendiknas No. 78 Th. 2009
Tentang Pengelolaan Sekolah Bertaraf Internasional


I.    Standar Kompetensi Lulusan
No
Komponen Standar
Standar Operasional/Kriteria
1.      
Kompetensi Akademik, bahasa Inggris dan TIK
Input minimal 7,5
KKM minimal 7,5
Rata-rata UN minimal 7,5
Berbahasa Inggris, TOEFL Test > 7,5) dalam skala internet based test bagi SMA.
Menggunakan TIK dalam mendukung aktivitas belajar dan berkarya.
2.      
Memperkaya keunggulan mutu dengan keunggulan tertentu yang berasal dari negara anggota OECD/negara maju
·   Mampu berpikir kritis
·   Mampu mengekspresikan pikiran dalam berbagai jenis data.
·   Belajar efektif dinamis
·   Berkomunikasi dalam bahasa Inggris
·   Menghasilkan produk belajar dalam bentuk karya

3.      
Menampilkan keunggulan lokal ditingkat internasional;
Mampu menampilan keunggulan lokal pada forum internasional, contoh dalam bentuk;
·   Berpenampilan internasional
·   Berkarya dengan mutu internasional
·   Berkesenian mendapat apresiasi intenasional
·   Berbudaya lokal sehingga mendapat apresiasi internasional

4.      
Memenangkan berbagai lomba tertentu dalam bidang akademik dan non akademik bertaraf internasional  
Meraih kejuaraan pada tingkat sekolah, daerah, provinsi, nasional dan internasional pada bidang;
·         Matematika
·         IPA
·         IPS
·         Bahasa
·         Olahraga
·         Kesenian
·         TIK
·         Karya Tulis ilmiah
·         Teknologi terapan
·         Karya kreatif

5.      
Memperoleh penghargaan tingkat  internasional
Mendapatkan penghargaan melalui aktivitas;
·         Menjalin hubungan pada taraf internasional
·         Mengikuti kegiatan pertukaran pelajaran
·         Menjadi peserta pertemuan internasional
·         Menyajikan karya pada forum internasional
·         Mendapat perhargaan tertentu dalam forum internasional

6.      
Beradaptasi pada perkembangan  ekonomi, sosio-kultural, dan lingkungan hidup dunia
Beradaptasi pada perkembangan  ekonomi, sosio-kultural, dan lingkungan hidup aktivitas
·         Bidang Ekonomi
·         Bidang Sosial
·         Bidang Budaya
·         Bidang Lingkungan Hidup
·         Bidang Sains

7.      
Menggunakan dan mengembangkan teknologi komunikasi dan informasi secara professional.
Menguasai penggunaan TIK
·         Pendukung pelaksanaan tugas.
·         Sumber informasi belajar
·         Mengekspresikan pikiran
·         Mempublikasikan hasil karya
·         Berkreasi
8.      
Menetapkan standar yang diperkaya dengan standar dari negara OECD atau negara maju lainnya.
Menetapkan sejumlah criteria mutu lulusan yang merujuk pada sekolah dari negara OECD atau negara maju lainnya.





Standar Isi/Kurikulum
·         Menerapkan SKS
·         Mengdopsi, mengadaptasi materi pelajaran berstandar internasional

·         Menerapkan SKS
·         Melakukan perbaikan kurikulum berkelanjutan merujuk pada standar materi pelajaran pada sekolah unggul




Standar Proses

1.      
Proses pembelajaran berbasis TIK;
Menggunakan TIK sebagai sumber belajar
dan teknologi pembelajaran
2.      
Menerapkan pendekatan pembelajaran yang komunikatif, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan kontekstual.
Mengelola pembelajaran dengan metode variatif.
3.      
Dapat menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya sebagai bahasa pengantar
Dapat menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.
4.      
Melakukan pembinaan potensi peserta didik potensi akademik maupun non akademik bertaraf internasional
Melakukan pembinanan siswa dengan target mutu bertaraf internasional
5.      
Mengembangkan budaya kompetitif dan kolaboratif
Mengembangkan iklim sekolah yang kompetitif
Mengembangkan iklim sekolah yang kolaboratif




Standar Pendidik

6.      
Memfasilitasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi
Menguasai TIK
7.      
Pendidik mampu mengajar dalam bahasa Inggris, toefle 7,5
Mendapatkan nilai TOEFLE 7,5
8.      
Taraf pendidikan pendidik SMA/SMK-30 %) pendidik yang berpendidikan S2 atau S3.
Jumlah pendidik minimal 30%
9.      
Berpendidikan S2 atau S3 sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
Pendidikan match dengan mata pelajaran yang diampu
10.   
Berpendidikan S2 atau S3 dari perguruan tinggi yang program studinya terakreditasi.
Berpendidikan dari PT yang terakreditas.




Tenaga Kependidikan

11.   
Memiliki kepala sekolah, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, teknisi sumber belajar, tenaga administrasi, tenaga kebersihan, dan tenaga keamanan.
Memiliki tenaga khusus:
·         tenaga perpustakaan,
·         tenaga laboratorium,
·         teknisi sumber belajar,
·         tenaga administrasi,
·         tenaga kebersihan, dan
·         tenaga keamanan.




Kepala Sekolah

12.   
berkewarganegaraan Indonesia;
Memiliki kepsek sebagai warga negara Indonesia.
13.   
berpendidikan minimal S2 dari perguruan tinggi yang program studinya terakreditasi atau dari perguruan tinggi negara lain yang diakui setara S2 di Indonesia;
Memiliki pendidikan S2
14.   
telah menempuh pelatihan kepala sekolah dari lembaga pelatihan kepala sekolah yang diakui oleh Pemerintah;
Memiliki sertifikat pelatihan kepala sekolah
15.   
mampu berbahasa Inggris, dan/atau bahasa asing lainnya secara aktif; memiliki skor TOEFL ≥ 7,5
Meraih nilai toefl 7,5
16.   
Berkompetensi dalam manajemen, organisasi, dan kepemimpinan pendidikan serta kewirausahaan;
Memiliki kompetensi
·         Manajemen
·         Organisasi
·         Kependidikan
·         Kewirausahaan

17.   
Mampu membangun jejaring internasional;
Melakukan kerja sama internasional
18.   
Mampu mengoperasikan komputer/teknologi informasi dan komunikasi
Mengoperasikan komputer/teknologi informasi dan komunikasi
19.   
kemampuan mengembangkan rencana pengembangan sekolah (RPS)/rencana kerja sekolah (RKAS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)


Mengembangkan :
·         RKJM
·         RKT
·         RKAS






Sarana dan Prasarana

20.   
Setiap ruang kelas SBI dilengkapi dengan sarana pembelajaran berbasis TIK.
Memasang jaringan komputer pada tiap ruang kelas.
21.   
SBI memiliki perpustakaan digital yang memberikan akses ke sumber pembelajaran di seluruh dunia (e-library).
menyelenggarakan perpustakaan digital
22.   
SBI memiliki ruang dan fasilitas untuk mendukung pengembangan profesionalisme guru.
Memberdayakan TRRC
23.   
SBI melengkapi sarana dan prasarana yang dimanfaatkan peserta didik
Memberdayakan lab IPA, computer, bahasa, dan multimedia




Pengelolaan

24.   
Menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 dan ISO 14000 versi terakhir;
Mendapat sertifikat :
·         ISO 9001
·         ISO14000
25.   
Mempersiapkan peserta didik untuk meraih prestasi tingkat nasional dan/atau internasional pada aspek ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni;
Menetapkan kebijakan pengembangan prestasi siswa bertaraf internasional pada:
·         Ilmu pengetahuan
·         Teknologi
·         Olah Raga
·         Seni
·         Karya Tulis
26.   
Menerapkan sistem administrasi sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada 8 (delapan) standar nasional pendidikan.
·         Menyelenggarakan administrasi tata usaha dengan dukungan TIK
·         Mengelola SIS berbasis TIK
27.   
Mengembangkan lingkungan sekolah yang bersih, tertib, indah, rindang, aman, dan sehat,
Mengembangkan lingkungan sekolah:
·         bersih,
·         tertib,
·         indah,
·         rindang,
·         aman, dan
·         sehat,
28.   
Mengembangkan lingkungan sekolah bebas asap rokok dan narkoba, bebas budaya kekerasan, dan berbudaya akhlak mulia
Memiliki aturan dan menerapkan aturan
·         bebas asap rokok
·         bebas narkoba
·         bebas kekerasan
·         budaya akhlak mulia

29.   
Membangun lingkungan belajar yang kondusif, penekanan pada pembelajaran, profesionalisme, harapan tinggi, keunggulan, respek terhadap setiap individu dan komunitas sosial warga sekolah
Membangun lingkungan sekolah yang focus pada pengembangan:
·         Lingkungan belajar yang kondusif.
·         Pengembang profesionalisme
·         Menetapkan target yang tinggi.
·         Berkeunggulan taraf internasional
·         Pelayanan prima
·         Lingkungan  berkesalehan social.

30.   
Melaksanakan seleksi penerimaan siswa baru SBI pada sekolah berdasarkan persyaratan
Melaksanakan seleksi penerimaan siswa baru SBI secara
·         Transparan
·         Memenuhi criteria sesuai standar nasional

31.   
Membangun kultur yang mengarah pada peningkatan kemampuan di bidang bahasa Inggris dan/atau bahasa asing lainnya, teknologi informasi dan komunikasi, dan budaya lintas bangsa;
Menjadi lingkungan pengembang;
·         budaya berbahasa  Inggris.
·         Berbasis TIK
·         Budaya lintas bangsa.




Pembiayaaan

32.   
Biaya penyelenggaraan SBI memenuhi standar pembiayaan yang transparan dan akuntabel.
Mengelola keuangan:
·         Dibuka secara transparan sehingga seluruh warga sekolah mendapat informasi keuangan
·         Dipertanggungjawabkan dalam mutu produk
33.   
Menerima bantuan dari Pemerintah,
·         Menerima bantuan dari Pemerintah,
34.   
Menerima pembiayaan pemerintah provinsi,
·         Menerima pembiayaan pemerintah provinsi,
35.   
Menerima pembiayaan pemerintah kabupaten/kota,
·         Menerima pembiayaan pemerintah kabupaten/kota,
36.   
Menerima pembiayaan masyarakat atau sumber lainnya;
·         Menerima pembiayaan masyarakat atau sumber lainnya;
37.   
Melaksanakan anggaran sesuai dengan yang direncanakan;
·         Membuktikan bahwa pengalokasian biaya sesuai rencana.
38.   
Mempertanggungjawaban keuangan penyelenggaraan SBI berpedoman pada prinsip efisiensi, efektivitas, keterbukaan dan akuntabilitas sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
Menerapkan prinsip pengelolaan keuangan:
·         Efisien
·         Efektif
·         Transparan
·         Akuntabel
·         Sesuai peraturan
39.   
Mengalokasikan beasiswa atau bantuan biaya pendidikan bagi peserta didik warga negara Indonesia yang memiliki potensi akademik tinggi tetapi kurang mampu secara ekonomi paling sedikit 20% dari jumlah seluruh peserta didik
Mengalokasikan bea siswa minimal 20% dari blok grant




Peniliaian

40.   
menerapkan model penilaian otentik dan mengembangkan model penilaian berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
·         Menerapkan penilaian otentik.
·         Menerapkan penilaian berbasis TIK
41.   
SBI melaksanakan ujian sekolah yang mengacu pada kurikulum satuan pendidikan yang bersangkutan.
·         Melaksanakan ujian berbasis KTSP
42.   
Dapat melaksanakan ujian sekolah sebagaimana dimaksud pada ayat dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
·         Melaksanakan penilaian dengan perangkat penilaian berbahasa Inggris.
43.   
memfasilitasi peserta didiknya untuk mengakses sertifikasi yang diakui secara internasional dan/atau mengikuti ujian akhir sekolah yang sederajat dari negara anggota OECD atau negara maju lainnya.
·         Memfasilitasi siswa memperoleh sertifikasi internasional


Anda sedang membaca artikel tentang Mengukur Mutu RSBI dan anda bisa menemukan artikel Mengukur Mutu RSBI ini dengan url http://ptk-guru.blogspot.com/2012/03/mengukur-mutu-rsbi.html, silahkan anda sebar luaskannya atau copy paste jika artikel Mengukur Mutu RSBI ini bermanfaat bagi anda dan teman-teman, mohon sertakan link Mengukur Mutu RSBI sebagai sumbernya.
Posted by: Daryono sarjana sastra Daryono sarjana sastra, Updated at: 8:52 AM

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih